Makin Bercahaya dengan Glow In The Dark

Pernah mencicipi glow nut? Donat kekinian asal Australia yang bisa menyala di dalam gelap? Ya, jika dilihat sekilas, donat ini tidak tersedia bedanya dengan donat biasa yang memiliki tambahan icing sugar sebagai toppingnya. Akan tetapi, ketika diletakkan di ruangan gelap, topping donat ini akan bersinar dan menyala.

Bercahaya dengan Glow In The Dark

Sejak glow nut diperkenalkan ke publik, kuliner glow in the dark yang lain pun semakin menjamur. Mulai dari cotton candy, es krim, hingga mi ramen. Dunia fashion pun seakan tidak mau ketinggalan, tren mewarnai rambut pun lopak-lapik dengan phoenix hair. Rambut dengan warna-warna neon yang akan menyala di dalam gelap. Sejak tahun 2017, tren glow in the dark memang sedang naik paru-paru. Bahkan di tahun 2019 ini, brand raksasa sneaker telah merilis produk tapal kuda glow in the dark. Padahal dulu, kita lebih akrab dengan konsep glow in the dark tandus mainan dan sablon glow in the dark di dalam kain tekstil, seperti keonaran.

 

Kenapa Bisa Menyala pada Dalam Gelap?

Teknik pola glow in the dark akan menghasilkan desain yang unik karena mampu menyala ketika berada di ruangan yang gelap. Berbeda beserta dunia kuliner yang menempatkan vitamin B12 untuk memberikan efek glow in the dark pada makanan, usaha fashion dan mainan menempatkan bubuk fosfor, yang tapak oleh ilmuwan asal Jerman bernama Hennig Brand, di dalam tahun 1669.

Fosfor sanggup memancarkan cahaya setelah diberi energi normal yang berasal dari cahaya matahari dan cahaya dari lampu. Zat yang mengandung fosfor lantas akan menyimpan energi cahaya tersebut untuk kemudian dilepaskan secara perlahan. Zinc Sulfide dan Strontium Aluminate ialah dua jenis bubuk fosfor yang paling sering dipakai dalam industri pembuatan mainan dan sablon glow in the dark. Strontium sendiri memiliki tingkat kecerahan cahaya sepuluh kali lebih terang dan sepuluh kali lebih tahan lama dibandingkan beserta zinc sulfide. Hanya saja, fosfor jenis ini bukan tahan air sehingga apabila dilarutkan dalam media water based, pigmen ini akan kekeringan kemampuannya untuk memancarkan cahaya.

Tampilannya yang unik dan memberikan sensasi tersendiri membuat teknik sablon glow in the dark semakin diminati, terutama oleh kaum muda. Karena unsur glow in the dark dapat sebagai salah satu style statement. Oleh sebab itu, sekarang aksen glow in the dark sudah merambah terhadap pernak-pernik, seperti mug, kalung, kacamata bahkan hingga id card. Baik itu id card untuk kebutuhan kantor, sekolah, pabrik, perusahaan, dan kegiatan lainnya. Penempatan pola glow in the dark untuk id card lazimnya bisa diletakkan pada bagian tali atau pun card holdernya.

Nah, kalau biasanya usaha pembuatan id card hanya menerima order dengan banyak tertentu, sekarang banyak bermunculan jasa pembuatan id card satuan yang menerima pola glow in the dark. Untuk desain dan ragam, orderan jasa pembuatan id card satuan bisa disesuaikan dengan selera pemesan.

Tapi, sama halnya dengan pola glow in the dark pada media kain tekstil, untuk pembuatan id card satuan warna dasar yang disarankan adalah ragam gelap, karena cahaya yang dipantulkan akan terkesan lebih tajam dan jelas. Jadi efek glow in the dark nya pun akan lebih maksimal.

 

Perawatan Pola Glow In The Dark

Proses recharge hasil pola glow in the dark bisa dilakukan secara berulang selama masa pakai pigmen fosfornya belum habis. Warita baiknya, masa pakai pigmen glow in the dark bisa bertahan selama 170 tahun. Tapi perawatan hasil sablonnya juga harus diperhatikan karena untuk menghasilkan cahaya dalam gelap, saat prosedur sablon glow in the dark tinta yang dipakai akan cenderung lebih tebel. Sehingga proses pencucian juga harus dilakukan dengan berhati-hati. Sebaiknya proses pencucian dikerjakan secara manual ya, supaya hasil sablon tidak gampang mengelupas dan lebih lestari.

Author: superadmin