Mengenal Vibrator Beton dan Pemakaiannya

Mengenal Vibrator Beton dan Pemakaiannya

Tahukah Anda jika sudah ada alat pemadat beton murah? Salah satu peralatan murah yang bisa digunakan saat pengecoran yaitu Vibrator Beton. Mesin murah ini digunakan sebagai pengecor dimana alat ini berfungsi untuk pemadat beton yang dituangkan dalam bekisting. Dalam hal ini ditunjukan untuk mengeluarkan kandungan udara yang terjebak dalam campuran beton. Dengan adanya getaran vibrator maka beton akan mengeluarkan gelembung udara tersebut . Akhirnya beton yang dihasilkan akan mendapatkan kekuatan yang merata dan bisa terhindar dari adanya keropos atau sarang labah pada beton.

Vibrator Beton terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:

  1. Mesin sebagai alat penghasil getaran
  2. Selang penghantar
  3. Kepala vibrator, yang terbuat dari silinder baja seukuran gagang tongkat baseball. Bagian inilah yang direndam dalam beton

Mengenal Vibrator Beton dan Pemakaiannya1

Untuk saat ini tersedia banyak macam vibrator beton dalam beberapa merk dan jenisnya. Braket atau sistem penjepit dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan bentuk beton. Vibrator beton sendiri tersedia dalam jenis hidrolik, pneumatic atau listrik. Mesin ini juga bisa menghasilkan tiga jenis getaran yaitu profil sinus sapuan, getaran acak, dan disintesis kejutan.

Pemakaian Vibrator Beton

Ketika beton sudah dituangkan kedalam bekisting, maka mesin vibrator sudah bisa ditempatkan di dekat area penuangan beton. Posisi harus dijaga agar selang vibrator tidak terlalu jauh dari area yang akan ditunjuk. Saat beton sudah dituang  maka mesin vibrator hidupkan dan kemudian selang diarahkan ke area beton basah. Lalu kepala vibrator pun didorong ke dalam beton.

Sebaiknya kepala dari vibrator beton digetarkan pada satu area saja sekitar 10 detik. Untuk posisi vibrator tidak boleh bersinggungan langsung dengan bekisting. Disarankan untuk jarak kepala vibrator dari sisi bekisting sejauh 10-12 cm. Kepala vibrator harus bergetar sepanjang daerah beton yang baru dituang dengan memindahkan kepala vibrator sejauh 30-40 cm dari titik sebelumnya. Pastikan seluruh area harus mendapat getaran.

Keselamatan Pemakaian Vibrator Beton

  1. Saat pemakaian berlangsung, mesin harus ditempatkan di tempat bersih dan terlindung.
  2. Jika mesin vibrator menggunakan sumber daya listrik, pastikan instalasi kabel berada di tempat yang aman.
  3. Hindari penempatan mesin di tempat yang basah dan lembab.
  4. Mesin vibrator harus di tempatkan pada landasan yang kuat dan datar.
  5. Jangan membiarkan ada seseorang pun terutama anak-anak memegang mesin.
  6. Gunakan mesin vibrator hanya untuk pekerjaan beton saja, jangan menggunakan alat ini untuk keperluan lainnya misalnya untuk penggemburan tanah.
  7. Sebelum menggunakan mesin vibrator pakailah pakaian yang aman, sarung tangan, sepatu, helm, dan jangan menggunakan pakaian longgar.
  8. Untuk pekerja yang memegang kepala vibrator dianjurkan untuk memakai kacamata khusus untuk menghindari cipratan beton ke mata saat penggetaran berlangsung.

Keamanan Pemakaian Vibrator Beton

  1. Saat pemindahaan, pastikan vibrator beton dalam keadaan mati sebelum pemakaian dilanjutkan.
  2. Casing mesin harus dijaga dan terkunci saat pemakaian.
  3. Ujung kepala vibrator harus terkunci kuat dan tidak masuk air, gunakan sealent waktu mengunci kepala vibrator ke selang vibrator.

Untuk info Produk Mesin Vibrator Murah silahkan KLIK DISINI

Author: superadmin