Mengulik Lebih Dalam Bahan Polyester Nilon dan Tissue

Mengulik Lebih Dalam Bahan Polyester Nilon dan Tissue

Produsen tali id card Jakarta yang dengan mudah bisa kita jumpai umumnya selalu menawarkan bahan tali yang terbuat dari polyester nilon dan tissue. Hal ini lantas memancing rasa penasaran kita sehingga muncul pertanyaan,”Kenapa yang digunakan harus bahan tersebut? Apakah kedua bahan ini sama atau berbeda?” Saya sangat tertarik dengan dua pertanyaan ini sebab sekarang penggunaan tali tersebut sangat marak di kalangan masyarakat.

Mengenal Bahan Polyester Nilon Untuk Tali

Bahan polyester pada dasarnya adalah jenis bahan sintetis yang berarti tidak berasal dari unsur alami. Dalam industri tekstil bahan ini sangat populer untuk dimanfaatkan dalam pembuatan pakaian dan sejumlah perlengkapan rumah tangga.

Pada proses pembuatannya polyester dihasilkan melalui alur reaksi kimia yang rumit dan memakan waktu yang tidak sedikit. Adapun zat – zat yang dipakai adalah petroleum, alcohol, carboxyl acid, batu bara, dan air. Reaksi kimia tadi dikerjakan dengan metode polimerisasi yang berlangsung di dalam ruang hampa udara bersuhu tinggi. Petroleum akan bereaksi dengan alcohol dan carboxyl acid hingga akhirnya menghasilkan senyawa ester. Ringkasnya bahan Polyester pun berhasil dibuat.

Polyster untuk bahan gantungan tali id card dibuat menjadi serat – serat kecil. Kemudian serat – serat tersebut dirangkai menjadi tali dengan panjang tertentu. Di pasaran pihak produsen menawarkannya dalam satuan rol. Setiap satuan rol memiliki ukuran panjang bahan tali yang berbeda satu sama lain. Dengan begitu pihak percetakan bisa membeli susuai kebutuhan.

Mengenal Bahan Tissue Untuk Tali

Meski disebut dengan bahan tissue namun jangan beranggapan kalau bahan ini layaknya tissue yang kita gunakan sebagai sapu tangan. Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan sebetulnya bahan tersebut termasuk bahan polyester dengan alasan bahan tissue untuk tali terbuat dari material sintetis.

Yang menyebabkan bahan ini dinamakan tissue adalah karena tekstur pada permukaannya sangat halus nan lembut bila diraba. Proses pembuatannya pun melalui reaksi kimia yang panjang sama seperti polyester nilon. Namun pada tahap finishing ada perlakukan khusus untuk menjadikan bahan ini sehalus tissue yang kita kenal.

Membedakan Polyester Nilon dan Tissue

Untuk membedakan kedua bahan ini cara paling mudah adalah dengan dilihat dan diraba. Bahan nilon secara kasat mata tampak bergelombang karena serat – serat penyusunnya berukuran cukup besar. Bila permukaannya diraba pun otomatis terasa ada tekstur kasar. Sedangkan bahan tissue bila diperhatikan terlihat sangat rata dengan tingkat kerapatan serat yang tinggi. Bila diraba pun terasa sangat halus.

Di sisi lain perbedaan polyester nilon dan bahan tissue terletak pada pemilihan metode printing yang digunakan. Polyester nilon untuk dijadikan gantungan tali id card hanya bisa memakai teknik sablon. Berbeda dengan bahan tissue yang mendukung metode digital printing.

Author: superadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *