Rahasia Kekuatan Visual Dibalik Makna Elemen Bidang dan Gunanya Pada Desain Grafis

Cap digital saat ini adalah bisnis yang menggiurkan. Dengan modal yang lumayan terjangkau, sudah dapat membuka usaha bermacam barang dan pernak pernik yang tengah jadi tren. Sebut saja kurusuhan sablon, mug, tali lanyard dan lain sebagainya.

Desain Grafis

Khilaf satu skill yang amat dekat dan penting di dalam saat membuka usaha dalam bidang sablon digital, ialah seorang grafis designer yang mumpuni. Karena design grafis inilah yang akan menetapkanmengukuhkan, menjadikan sebagus apa hasil dari sebuah desain. Oleh karena itu, seorang grafis desainer harus mampu kemampuan yang memadai. Yang terutama ialah memahami elemen-elemen dasar pada karya design grafis.

Elemen-elemen Dasar Pada Desain Grafis

Dalam karya design grafis ada bermacam-macam elemen pendek yang harus dimengerti & dikuasai oleh para desainer atau pekerja kreatif. Sesuatu ini menjadi penting, karena dengan mengenal elemen desain maka tidak saja siap menghasilkan sebuah karya desain yang menarik secara keindahan. Melainkan juga desain yang informatif dan komunikatif pada menyampaikan pesan-pesan yang dikehendaki.

Elemen-elemen dasar pada desain sendiri terdiri atas 6 hal, yakni:

  • Garis (Line): Garis merupakan unsur desain yang menghubungkan antara 2 titik yang berlainan terlintas terbentuklah sebuah garis. Garis bisa berupa garis belok atau garis lurus.
  • Struktur (texture): Tekstur bisa dianggap sebagai corak dari sebuah permukaan benda. Dalam desain grafis, tekstur merupakan visualisasi suatu permukaan benda tertentu.
  • Bidang (Shape): Bentuk ialah sebuah ruang tertutup yang terdiri dari seperangkat garis berdekatan yang membentuk zat.
  • Warna (color): Warna adalah spektrum tertentu dalam suatu cahaya. Warna adalah salah satu elemen terpenting yang akan menentukan sentuhan hasil akhir sebuah desain.
  • Ruang (Space): Ukuran jarak antara wahid bentuk atau elemen tertentu dengan satu bentuk atau elemen lainnya.
  • Ukuran (Size): elemen pada desain grafis untuk mendefinisikan seberapa gede atau kecilnya objek.
  • Tonasi (Value): elemen yang menganggap gelap terangnya suatu warna.

Elemen Bidang Sebagai Pondasi Desain

Elemen faktor atau shape (bentuk) di dalam desain bisa dibilang serupa salah satu elemen yang sering dianggap tidak terlalu penting. Padahal, sebelum mengusahakan sebuah desain lebih tersendiri, desainer harus menentukan terlebih dahulu shape yang jadi dasar desain. Misalnya untuk membuat desain tali lanyard custom, harus dilakukan pengukuran dan penentuan bentuk faktor terlebih dahulu. Baru lantas desain dikreasikan lebih lanjut.

Bidang merupakan elemen yang bersifat dua dimensi. Lalu kemudian desain grafis dikerjakan di dalam bidang ini. Setiap wujud apa pun yang tersembunyi, memiliki kedua dimensi berjarak dan tinggi (luas) ialah elemen bidang. Bidang berisi dari bentuk-bentuk geometris & non-geometris (organik). Bentuk geometris diantaranya adalah segitiga, segiempat, segilima, lingkaran, ellips & lain sebagainya. Sementara faktor non-geometris (organik) memiliki wujud yang tidak beraturan.

Author: superadmin