Tertarik Memasang Lantai Kayu? Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Dokugusfra.com – Lantai kayu dikenal juga dengan nama lantai parket, memiliki 3 jenis lantai yang bisa kamu pilih. Jenis pertama adalah jenis lantai yang solid, menggunakan kayu asli dari beberapa pohon seperti pohon ulin, pohon mahoni, pohon jati dan jenis lainnya yang berkualitas tinggi. Jenis lantai yang kedua ialah lantai leminate, yaitu gabungan antara serbuk kayu dengan bahan kimia kemudian di press hingga berbentuk lembaran. Jenis yang ketiga yaitu gabungan kayu berkualitas bagus di bagian atas dan kayu berkualitas rendah di bawahnya.

Memasang Lantai Kayu

Menggunakan lantai kayu bisa dijadikan pilihan paling tepat buat kamu yang menyukai keindahan, jenis lantai ini sangat menarik dan membuat estetika rumah semakin terlihat. Pilihlah salah satu jenis lantai kayu di atas, sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Namun, sebelum membeli kamu harus memperhatikan beberapa hal yang sangat penting.

5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Kayu

Berikut 5 hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memasang lantai kayu, dengan memperhatikan 5 hal ini dipastikan kamu tidak akan kecewa pasca memasang parket.

1. Pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan jenis-jenis lantai kayu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lantai kayu memiliki beberapa jenis, masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan. Kamu harus tahu kelemahan yang ada dan pilih jenis lantai kayu yang paling sesuai untuk kamu gunakan. Kayu solid memiliki tampilan yang mewah dan modern, tahan lama juga dibanding dengan jenis lainnya, namun harganya cukup mahal. Adapun jenis laminate harganya cukup terjangkau namun lantai ini memiliki tampilan yang kurang jika dibanding kayu solid.

2. Pertimbangkan jangka waktu

Sebelum memasang lantai kayu kamu harus memastikan berapa lama tempat tersebut akan digunakan, untuk penggunaan jangka panjang atau seumur hidup lebih baik pilihlah lantai kayu yang solid, jenis lantai ini tahan lama tidak mudah rusak. Sedangkan untuk lantai yang hanya digunakan jangka waktu pendek kamu bisa memilih lantai kayu laminate.

3. Pertimbangkan fungsi ruangan

Tidak semua ruangan cocok menggunakan lantai kayu, misalnya ruang dapur yang digunakan untuk memasak dan kamar mandi yang rawan terhadap kelembaban. Selain dua ruangan tersebut alangkah baiknya juga pilih lantai parket yang digunakan pada ruangan yang tidak memiliki aktivitas banyak, karena lantai kayu rawan terhadap goresan dan kerusakan.

4. Pertimbangkan jenis lantai dasar yang ada di bawah lantai kayu

Lantai kayu sangat berbeda dengan lantai keramik dan jenis lainnya, pemasangan lantai keramik cukup mudah walaupun sama-sama menggunakan dasar yang rata. Untuk pemasangan lantai kayu dasar lantai harus benar-benar rapi dan rata, jika tidak maka hasilnya sangat mengecewakan. Pastikan juga dasar lantai harus aman tidak membuat lantai kayu keropos dan lembab.

5. Pertimbangkan perawatan lantai kayu

Perawatan lantai kayu dengan jenis lantai lainnya cukup berbeda, contohnya lantai keramik cukup menggunakan sapu biasa dan alat pel saja, sedangkan lantai kayu membutuhkan perawatan yang lebih detail dan hati-hati. Pada lantai keramik jika ada cairan tumpah tidak masalah jika kita membiarkannya saja, namun untuk lantai kayu kamu harus cepat-cepat mengeringkannya. Adapun perawatan yang baik gunakan vacuum cleaner atau sapu yang halus agar lantai tidak tergores. Maka bila kamu ingin menggunakan lantai kayu pastikan bisa merawatnya dengan baik.

Sebelum memasang lantai kayu pastikan 5 hal di atas kamu pertimbangkan dan ketahui dengan baik, sehingga tidak akan ada kekecewaan pasca pemasangan lantai kayu parket laminate. Untuk lebih jelasnya kamu bisa konsultasi dengan pihak yang akan membantu kamu memasang lantai kayu, pastikan jasa tersebut profesional dan ahli dalam bidangnya, sehingga hasilnya memuaskan.

Author: superadmin