Ulasan Mengenai Spesifikasi dan Fungsi Besi Dowel Konstruksi Bangunan

Ciptakonstruksi.com – Besi dowel adalah salah satu material konstruksi bangunan yang menghubungkan antara 2 komponen struktur bangunan tertentu, yang berupa baja polos maupun profil guna mengikat atau menyambung suatu perkerasan kaku jalan raya tipe rigid pavementRigid pavement itu sendiri yaitu proses dalam pengerjaan suatu konstruksi pengerasan beton agar beton yang dihasilkan kuat dan sempurna. Jalan raya yang menggunakan tipe rigid pavement bisa dengan memakai besi polos maupun besi tulangan, yang biasanya diawali dengan ketebalan 10 cm kemudian untuk permukaan menggunakan lapisan dengan tebal 27 cm dan kekuatan beton mencapai K-300. Setelah itu dilengkapi dengan besi dowel polos dengan ketebalan 25 mm dan tipe bar dowel besi ulir dengan diameter mencapai 16 mm. Bar dowel merupakan baja pendek yang memberi sambungan secara mekanis antara slab, tanpa menganggu gerakan sendi yang bekerja pada bidang horinzontal.

Ulasan Mengenai Spesifikasi dan Fungsi Besi Dowel Konstruksi Bangunan

Fungsi – Fungsi Besi Dowel

Besi dowel tersebut selain berguna untuk menyambung antara 2 komponen juga memiliki fungsi lain. Berikut beberapa fungsinya:

1. Manyalurkan berbagai beban yang terdapat dalam suatu konstruksi dengan separuh panjang besi terikat dan separuhnya lagi dillumasi dengan menggunakan cat. hal ini dilakukan agar mudah digeser setelah proses pemasangan selesai.

2. Berfungsi sebagai penguat konstruksi jalan raya supaya kostruksi jalan yang dimilki tersebut kuat, tidak mudah longsor/amblas, dan aman untuk dilewati berbagai kendaraan berat sekalipun.

3. Penghambat kemungkinan terjadi retakan pada salah satu segmen konstruksi supaya tidak menyebar ke segmen yang lainnya.

4. Penghubung atau pengikat antara 2 komponen konstruksi suatu bangunan tertentu.

5. Mencegah terjadinya korosi  pada tanah karena batang besi yang dilapisi dengan stainless steel/epoxy yaitu bahan anti karat dan tahan lama.

Sebelum melakukan semua proses pembangunan, harus diperhatikan step-step yang sesuai dengan kriteria setiap komponen. Karena setiap komponen mempunyai karakteristiknya masing-masing, salah satunya besi dowel tersebut. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan hasil konstruksi yang sempurna dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Akan lebih baik untuk konsultasi kepada tukang, karena tukang sudah berpengalaman serta ahli dalam hal pembangunan.

Author: superadmin